Sabtu, 17 September 2016

Cara membuat Augmented Reality Gerak Pesawat Terbang

                Cara membuat Augmented Reality Gerak Pesawat Terbang



Pada pesawat terbang sistem gerak berasal dari gaya dorong(trust), gaya tahan(drag), gaya angkat(lift) dan berat pesawat(weigh). Gaya dorong dihasilkan oleh mesin pesawat itu sendiri, serta gaya ini bekerja berlawanan dengan gaya tahan(trust) yang disebabkan oleh tekanan aliran udara dari depan pesawat,  gaya angkat dihasilkan karena perbedaan kecepatan aliran udara serta tekanan udara antara di atas dan di bawah sayap. Kecepatan aliran udara  di bawah sayap lebih rendah dari pada kecepata aliran udara di atas sayap, akibatnya tekanan udara di bawah sayap lebih besar dari pada tekanan udara  di atas sayap yang menyebabkan pesawat dapat terangkat ke atas. Gaya angkat bekerja berlawanan dengan berat pesawat. Kombinasi gaya yang bekerja ini menyebabkan pesawat dapat terbang dengan baik. Pada gambar dibawah ini menunjukkan gaya-gaya yang bekerja pada pesawat terbang



Nah guys sekarang kita belajar Augmented Reality pada pembelajaran pesawat terbang dengan menggunakan Vuforia SDK dan Unity 3D J

Caranya..


1.     Siapkan file gambar yang akan dijadikan marker. disini saya menggunakan marker SEAMOLEC.



2.     Masuk ke developer.vuforia.com lalu Register bagi yang belum mendaftar dan pilih Log in bagi yg sudah mendaftar.

3.     Ikuti langkah-langkah membuat database marker di Vuforia tersebut. 

4.     Save dalam bentuk Unity Package.

5.     persiapkan file blender nya lalu buka file.blend yang sudah terdapat Animasi nya  buat file blender ini




6.     pilih file - export - auto desk FBX tersebut pilih lagi





7.  file - external data - unpack all into files bila ada tanda centang pada automaticaly pack into .blend hilangkan dulu tanda centangnya.




8.     Dan masuk lagi pada file seperti tadi pilih use file in curent directory bila sudah kita cek di folder yang sudah kita siapkan tadi untuk melihat .fbx
9.     Buka Unity 3D tarik ke areanya AR camera dan image target.





10.  Untuk main camera delete saja atur supaya AR  camera dan image target posisinya sama dengan cara position diganti menjadi 0(nol).






Selanjutnya Pilih asset import packed custom package file yang dimasukan dari unity package
12.Buat folder baru tempat memasukkan file tekstur dan .fbx tadi.   aturlah image target nya dengan data set yang terdapat di empty nya dan kita ganti dengan unity package yang telah kita masukan file .fbx dan tekstur dari blender tersebut.
Misal di Asset>>Klik kanan>>New Folder>>Pesawat







13.Kita atur-atur saja di Unity-nya. Memang memerlukan latihan tapi jangan menyerah yaa, Masukkan juga Marker tadi yang dibuat di Vuforia. Jika berhasil maka tampilan akan seperti ini:




14.Untuk memasukkan animasi, klik file pesawat.fbx>>>animation>>di tab rig pilih legacy kemudian apply pindah ke animation wrap mode ganti dengan loop dan ganti nama pada scene yang kita inginkan ya sesuai untuk star dan sesuaikan yang ada pada file blender nya dan usahakan jangan sampai lupa mencentang add loop frame dan pilih loop dan apply..





15.  setelah itu masukan pada are kita dan atur saja mengunakan scale dan posisi - posisi nya agar terlihat pada AR camera. disini saya juga masih belajar jagan lupa untuk mengatur agar image target nya dapat terlihat ya dengan centang AR camera pilih load data set. 


16. nah setelah semua nya selesai tinggal play saja lalu lihat hasil nya.. jangan lupa marker nya di hadapkan di kamera agar animasi dapat muncul.






Sekian :) Semoga bermanfaat,,,
Berikut hasil dari pembuatan video ini...





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Setting VLAN dan ROUTER

Setting VLAN dan ROUTER