Step by Step Membuat Simple Augmented Reality Berbasis Android Menggunakan Unity 5.1.1 dan Vuforia 5.0.5
Halo sobat blogger.. Sudah lama tidak update artikel. Kali ini saya akan membahas tutorial membuat aplikasi Augmented Reality di Android menggunakan Unity 5 dan Vuforia 5. Sebenernya ini bukan hal yang baru di blog ini, sebelumnya saya sudah membuat artikel semacam ini di sini.Tapi karena cepatnya update dari Vuforia dan Unity alhasil saat ini banyak sekali yang bingung mengikuti tutorial saya karena sudah tidak relevan lagi. Karena banyaknya pertanyaan dan request maka kali ini saya bahas tentang cara membuat aplikasi Augmented Reality berbasis Android menggunakan Unity 5 dan Vuforia 5.
- Unity, dalam tutorial kali ini saya menggunakan Unity 5.1.1f1.
- Vuforia SDK, dalam tutorial ini saya menggunakan vuforia-unity-5-0-5. .
- Android SDK, ini adalah tools wajib untuk membuat aplikasi android.
Langkah 1 : Buka Unity dan buat project baru
Blank project unity |
Langkah 2 : Ubah project ke Android
Ubah project unity ke android |
Jangan lupa untuk melakukan pengaturan pada player setting
Pengaturan player |
Atur nama company dan nama aplikasi
Atur nama company dan nama aplikasi |
Dan juga pengaturan bundle identifier
Atur bundle Identifier |
Langkah 3 : Import Vuforia SDK dengan double klik
Double click Vuforia SDK |
Centang semua elemen import
Centang semua untuk import Vuforia SDK |
Langkah 4 : Masukkan ARCamera dan ImageTarget ke dalam scene, delete Main Camera.
Masukkan ARCamera dan ImageTarget ke dalam scene |
Vuforia mensuport debugging di PC menggunakan camera webcam. Tapi jika hardware belum di support Vuforia Anda dapat menonaktifkan fitur ini.
Disable 'Don't use play mode' jika error |
Jangan lupa save scene dengan Ctrl + S setiap melakukan perubahan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan
Langkah 5 : Definisikan marker dengan klik ImageTarget kemudian klik 'No targets defined. Press here for target creation !'
Definisikan marker untuk target |
License manager pada Vuforia |
Pada lisensi ada kode yang harus Anda letakkan di code Anda. Copy semua kode tadi kemudian masukkan di ARCamera pada project Anda
Lisensi Vuforia |
Masukkan ke ARCamera
Masukkan license ke ARCamera |
Kemudian definisikan marker pada image target. Pada bagian 'Target Manager' klik 'Add Database'.
Tambahkan database |
Masukkan nama database, kemudian upload marker. Marker yang Anda Upload akan ditampilkan dan diberi rating
Marker yang di upload di Vuforia |
Kali ini saya menggunakan marker berikut, Anda dapat menggunakan marker lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar